Minggu, 26 Februari 2012

Hati-hati dengan Test Speed Click pada Facebook


Tampaknya scammers tidak puas dengan fakta bahwa ada pelanggan Facebook yang terkena serangan oleh skema mereka  seperti dengan mengklik salah satu tombol saja. Sekarang, mereka telah datang dengan cara baru untuk menipu pengguna, yaitu  untuk mengklik sejumlah besar tombol “Like” / “Suka”  tanpa memberikan waktu banyak kepada pengguna untuk berpikir.

Ahli dari BitDefender mencoba memberikan rincian tentang beberapa motif penipuan tersebut.

Yang pertama dimulai dengan cara yang klasik, yaitu “Who is Fake in Your Profile” (Siapa yang Palsu di Profil Anda. Cara ini berisi posting yang menjanjikan untuk memberitahu pengguna jika teman di Facebook mereka adalah nyata atau apakah mereka hanya berisi profil palsu yang dibuat oleh seseorang dengan maksud penipuan atau lain sebagainya.


Skema ini biasanya akan hadir melalui pesan seperti ini "Bahwa anda memiliki teman yang telah anda kenal sejak anda masih kecil:] WTF! 29 Teman Saya adalah Palsu: (Mereka membuat saya tertipu dengan membuat id palsu :/ Anda juga dapat menemukan siapa saja yang palsu di Profil Anda dengan menggunakan ini -> [LINK]. " 



Setelah link diklik, korban mungkin tidak akan curiga ketika dibawa ke halaman yang menjanjikan untuk mengungkapkan profil palsu,  Kemudian pengguna akan ditawarkan untuk menjalani  “Uji keamanan” yang  terdiri dari 77 tombol “Like” / “Suka” yang harus diklik dalam 60 detik dalam agar lolos dari tes.

Tentu saja, hal ini sebenarnya tidak ada hubungannya dengan tes keamanan, penipu hanya akan berhasil menipu anggota Facebook ke halaman yang mungkin mengiklankan skema yang berbahaya jika pengguna secara membabi buta melakukan klik pada 77 tombol yang disediakan.

Varian lain dari skema ini adalah dengan menawarkan kepada pelanggan Facebook yang berani untuk menguji " kecepatan klik " mereka.  Awalnya, hal  ini mungkin tampak menyenangkan, tapi ternyata permainan kecil ini dirancang dengan tujuan yang sama seperti sebelumnya dan pengguna dapat menemukan diri mereka telah berlangganan ke sejumlah besar halaman yang menjaga spamming mereka dengan iklan-iklan menarik  dan hadiah palsu.

Inilah sebabnya mengapa penting untuk mengidentifikasi aplikasi, bahkan yang tampaknya tidak berbahaya dengan hati-hati, karena Anda mungkin tidak pernah tahu apa yang bersembunyi di balik tombol sedrhana “Like” / “Suka”. 

0 komentar:

Posting Komentar